Cari aja di Mbah Gugel, gugling aja di Mbah Gugel, ungkapan yang bisa dan bahakan sering di ucapkan jika seseorang dan atau kelompok diskusi pada mentok dalam mencari pembuktian

Wednesday, January 13, 2016

RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial



Selamat datang di blog carimbahgugel.blogspot.com http://www.carimbahgugel.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati

Admin carimbahgugel.blogspot.com


Admin carimbahgugel.blogspot.com menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog carimbahgugel.blogspot.com. semoga bermanfaat...

RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial

RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial,tugas 1 membandingkan struktur teks cerita ulang dengan teks eksplanasi,membandingkan struktur teks cerita ulang dengan teks eksplanasi bermula dari gatot kaca,jawaban tugas 2 mengonversi teks menunggu godot,kunci jawaban tugas 2 mengonversi teks menunggu godot,tugas 2 mengubah teks cerita ulang menjadi teks cerita pendek,jawaban tugas 1 menganalisis isi teks eksplanasi,tugas 3 memproduksi teks ulasan,tugas 5 menyunting teks teman masing masing



RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial

RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial,tugas 1 membandingkan struktur teks cerita ulang dengan teks eksplanasi,membandingkan struktur teks cerita ulang dengan teks eksplanasi bermula dari gatot kaca,jawaban tugas 2 mengonversi teks menunggu godot,kunci jawaban tugas 2 mengonversi teks menunggu godot,tugas 2 mengubah teks cerita ulang menjadi teks cerita pendek,jawaban tugas 1 menganalisis isi teks eksplanasi,tugas 3 memproduksi teks ulasan,tugas 5 menyunting teks teman masing masing

RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial

RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/Editorial)

Sekolah                   :
SMA…/ SMK …
Mata pelajaran        :
Bahasa Indonesia
Materi Pembelajaran
Struktur, Kaidah, dan Isi Teks Editorial/Opini
Kelas/Semester       :
XII/2
Alokasi Waktu        :
3 x 2 JP

A.    KompetensiInti (KI)
KI  1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI  2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI  3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluas pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI  4
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
1.2  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan  menggunakannya  sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
2.4  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan  bahasa Indonesia untuk  memaparkan editorial/opinin tentang konflik sosial, politik, ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup
3.1  Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan  cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2  Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan  
3.3  Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1  Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1 Menggunakan bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur dalam memahami teks editorial secara lisan maupun tulisan
2.4.1  Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial/opini dengan jujur
2.4.2  Mendengarkan  pendapat orang lain dalam diskusi tentang isi teks editorial/opini dengan serius.
2.4.3  Santun dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi
3.1.1 Menentukan struktur teks editorial/opini
3.1.2 Mengidentifikasi kaidah/cirri bahasa teks editorial/opini

3.2.1 Menjelaskan persamaan struktur teks editorial/opini
3.2.2 Menjelaskan perbedaan struktur teks editorial/opini
3.2.3 Menjelaskan persamaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
3.2.3 Menjelaskan perbedaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini

3.3.1   Menjelaskan struktur teks editorial/opini
3.3.2 Menemukan kaidah/cirri bahasa teks editorial/opini

4.1.1   Menentukan topik teks editorial/opini yang dibaca
4.1.2   Menemukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/opini
4.1.3   Menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini
4.1.4   Menjelaskan fakta yang terdapat dalam teks editorial/opini
4.1.5   Menjelaskan opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini
4.1.6   Menjelaskan tujuan penulis dalam teks editorial/opini
4.1.7   Menjelaskan pihak yang dituju dalam teks editorial/opini
4.1.8   Menjelaskan saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini

D.    Materi Pembelajaran
1.   Teks editorial/opini (halaman 6 dan 25)
2.   Struktur teks editorial/opini (pernyataan pendapat, argumentasi, pernyataan ulang pendapat)
3.   Ciri kaidah teks editorial/opini
-                                                                                                  adverbial frekuensi
-                                                                                                  konjungsi
-                                                                                                  verba material, relasional, dan mental
-                                                                                                  kosakata yang jarang digunakan dalam keseharian
4.   Isi teks editorial/opini
-                                                                                                  topik
-                                                                                                 masalah
-                                                                                                  tujuan
-                                                                                                  fakta
-                                                                                                  opini/pandangan penulis
-                                                                                                  kalimat utama

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      Pertemuan pertama: (2 JP)

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Saintifik
Discovery Learning
1.   Peserta didik merespons  salam
2.   Peserta didik merespons pertanyaan guru yang berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
3.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.   Peserta didik membentuk kelompok, masing-masing 4 orang

10













Kegiatan Inti

Mengamati
1.      Peserta didik membaca  teks editorial/opini dengan cermat dalam buku teks.
2.      Peserta didik mencermati  struktur, cirri kaidah bahasa dalam teks editorial/opini.
Menanya
3.      Peserta didik bertanya secara lisan  tentang  struktur, ciri kaidah bahasa.
4.      Peserta didik lainnya menjawab, menanggapi, atau memberikan komentar.
Mengumpulkan Informasi
5.      Secara berkelompok peserta didik menemukan struktur  dalam teks editorial yang didapatkan dari media massa atau media elektronik.
6.      Secara berkelompok peserta didik menemukan cirri kaidah bahasa yang terdapat dalam teks editorial/opini
Mengasosiasi
7.      Peserta didik secara berkelompok  menata struktur teks editorial/opini yang telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
8.      Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan ciri kaidah bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini.
Mengomunikasikan
9.      Secara bergantian peserta didik mempresentasikan struktur dan cirri kaidah teks editorial/opini
10.  Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju ke depan
65
Kegiatan Penutup

1.      Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Peserta didik melakukan penilaian pembelajaran.
3.      Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran yang telah dicapai.
4.      Peserta didik merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
15


Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Saintifik, Discovery Learning
1.   Peserta didik merespons  salam
2.   Peserta didik merespons pertanyaan guru yang berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
3.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.   Peserta didik membentuk kelompok, masing-masing 4 orang

10
Kegiatan Inti

Mengamati
1.   Peserta didik membaca dua buah teks editorial/opini yang judulnya berbeda dengan cermat dalam buku teks.
2.   Peserta didik mencermati  struktur, cirri kaidah bahasa yang digunakan dalam kedua teks editorial/opini tersebut

Menanya
3.   Peserta didik bertanya secara lisan  tentang  struktur, ciri kaidah bahasa dalam teks editorial/opini.
4.   Peserta didik lainnya menjawab, menanggapi, atau memberikan komentar.

Mengumpulkan Informasi
5.   Secara berkelompok peserta didik menemukan persamaan struktur dalam dua teks editorial yang didapatkan dari media massa atau media elektronik.
6.   Secara berkelompok peserta didik menemukan persamaan cirri kaidah bahasa dalam kedua teks editorial yang didapatkan dari media massa atau media elektronik.
7.   Secara berkelompok peserta didik menemukan perbedaan struktur yang terdapat dalam kedua teks editorial/opini
8.   Secara berkelompok peserta didik menemukan perbedaan  cirri kaidah bahasa yang terdapat dalam kedua teks editorial/opini

Mengasosiasi
9. Peserta didik secara berkelompok  menata persamaan struktur dari dua teks editorial/opini yang telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
10.  Peserta didik secara berkelompok  menata persamaan cirri kaidag  dari dua teks editorial/opini yang telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
11.   Peserta didik secara berkelompok  menata perbedaan struktur dari dua teks editorial/opini yang telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
12.  Peserta didik secara berkelompok  menata perbedaan cirri kaidah  dari dua teks editorial/opini yang telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
13.  Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan persamaan struktur dan cirri kaidah kedua teks editorial/opini.
14.  Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan perbedaan struktur dan ciri kaidah bahasa yang digunakan dalam kedua teks editorial/opini.

Mengomunikasikan
15.  Secara bergantian peserta didik mempresentasikan persamaan dan perbedaan struktur dan cirri kaidah dari kedua teks editorial/opini
16.  Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju ke depan
65
Kegiatan Penutup

1.      Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Peserta didik melakukan penilaian pembelajaran.
3.      Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran yang telah dicapai.
4.      Peserta didik merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
15


     Pertemuan ketiga (2 JP)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran

Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Saintifik
Discovery Learning
1.   Peserta didik merespons  salam
2.   Peserta didik merespons pertanyaan guru yang berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
3.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.   Peserta didik membentuk kelompok, masing-masing 4 orang

10
Kegiatan Inti

Mengamati
1.      Peserta didik membaca  teks editorial/opini dengan cermat dalam buku teks.
2.      Peserta didik mencermati  struktur, cirri kaidah bahasa dalam teks editorial/opini.
Menanya
3.      Peserta didik bertanya secara lisan  tentang  struktur, ciri kaidah bahasa.
4.      Peserta didik lainnya menjawab, menanggapi, atau memberikan komentar.
Mengumpulkan Informasi
5.      Secara berkelompok peserta didik menganalisis struktur  teks editorial yang didapatkan dari media massa atau media elektronik.
6.      Secara berkelompok peserta didik menganalisis cirri kaidah bahasa yang terdapat dalam teks editorial/opini
7.      Secara berkelompok peserta didik merumuskan topik teks editorial/opini
8.      Secara berkelompok peserta didik merumuskan masalah teks editorial/ opini
9.      Secara berkelompok peserta didik menemukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/opini
10.  Secara berkelompok peserta didik menafsirkan tujuan penulis teks editorial/opini
11.  Secara berkelompok peserta didik mengidentifikasi fakta dan opini/pandangan  penulis teks editorial/opini
12.  Secara berkelompok peserta didik menafsirkan pihak yang dituju penulis teks editorial/opini
13.  Secara berkelompok peserta didik menemukan  saran penulis teks editorial/opini
Mengasosiasi
11.  Peserta didik secara berkelompok  menata struktur teks editorial/opini yang telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
12.  Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan ciri kaidah bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini.
13.  Peserta didik mengolah informasi yang telah ditemukan tentang topik, masalah, kalimat utama, fakta, opini/pandangan, tujuan, pihak yang dituju, dan saran penulis teks editorial/opini
Mengomunikasikan
14.  Secara bergantian peserta didik mempresentasikan struktur dan cirri kaidah, isi teks editorial/opini
15.  Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju ke depan
65
Kegiatan Penutup

1.      Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Peserta didik melakukan penilaian pembelajaran.
3.      Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran yang telah dicapai.
4.      Peserta didik merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
15

F.  Penilaian, Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik penilaian
a.    Kompetensi Sikap:
·      observasi
b.   Kompetensi Pengetahuan:
·      tes tertulis
c.     Kompetensi Keterampilan:
·      tes praktik 

    2. Instrumen penilaian
        a. Pertemuan pertama
1)   Penilaian Sikap 
Instrumen Penilaian Observasi
No.
 Nama peserta didik
Menggunakan Bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial/opini dengan jujur



Mendengarkan  pendapat orang lain dalam diskusi tentang isi teks editorial/opini dengan serius.
Santun dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi

Nilai
1.
Aliya
V
v
v
v
SB
2.
Berni
V
v
v

B
3.
Dedy
V
v


C
     4.
Edi



v
K

2)      Penilaian Pengetahuan

No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Menentuka struktur teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Tentukan struktur teks editorial/opini yang telah Anda baca (teks terlampir)
2.
Mengidentifikasi kaidah/ciri bahasa teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Identifikasilah kaidah/ciri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini, masing-masing  beserta contohnya! (teks terlampir)

b.   Pertemuan kedua
1)Penilaian Sikap 

Instrumen Penilaian Observasi
No.
 Nama peserta didik
Menggunakan Bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial/opini dengan jujur



Mendengarkan  pendapat orang lain dalam diskusi tentang isi teks editorial/opini dengan serius.
Santun dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi

Nilai
1.
Arief
V
V
v
v
SB
2.
Budi
V
V
v

B
3.
Kahar
V
V


C
     4.
Eva



v
K








              2)Penilaian Pengetahuan

No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Menjelaskan persamaan struktur teks editorial/opini

Tertulis
Uraian
Jelaskan persamaan struktur dari dua teks teks editorial/opini yang And abaca! (teks terlampir)

2.
Menjelaskan perbedaan struktur teks editorial/opini

Tertulis
 Uraian
Jelaskan perbedaan struktur dari dua teks editorial/opini yang And abaca! (teks terlampir)

3.
Menjelaskan persamaan ciri kaidah bahasa teks editorial/opini

Tertulis
Uraian
Jelaskan persamaan ciri kaidah bahasa dari dua teks editorial/opini yang And abaca! (teks terlampir)

4.
Menjelaskan perbedaan ciri kaidah bahasa teks editorial/opini

Tertulis
Uraian
Jelaskan perbedaan ciri kaidah bahasa teks editorial/opini dari dua teks yang And abaca! (teks terlampir)


c.                                                    Pertemuan ketiga
1)   Penilaian sikap
Instrumen Penilaian Observasi
No.
 Nama peserta didik
Menggunakan Bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial/opini dengan jujur



Mendengarkan  pendapat orang lain dalam diskusi tentang isi teks editorial/opini dengan serius.
Santun dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi

Nilai
1.
Anita
V
v
v
v
SB
2.
Bella
V
v
v

B
3.
Desi
V
v


C
     4.
Elia



v
K

2)      Penilaian Pengetahuan

No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Menjelaskan struktur teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
JelasJan struktur teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
2.
Menemukan kaidah/cirri bahasa teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Temukan kaidah/ciri bahasa dalam teks editorial/opini yang Anda baca (teks terlampir)

3)      Penilaian Keterampilan

No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Menentukan topik teks editorial/opini yang dibaca
Tes tertulis
Uraian
Tentukan topik teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
2.
Menemukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Temukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/opini yang Anda baca (teks terlampir)
3.
Menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
4.
Menjelaskan fakta yang terdapat dalam teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan 4 fakta yang terdapat dalam teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
5.
Menjelaskan opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
6.
 Menjelaskan tujuan penulis dalam teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan tujuan penulis dalam teks editorial/opini
7.
Menjelaskan pihak yang dituju dalam teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan pihak yang dituju dalam teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
8
Menjelaskan saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
9.
Mengungkapkan isi teks editorial/opini secara singkat dan lengkap.

Tes tertulis
Uraian
Ungkapkan isi teks editorial/
opini secara singkat dan lengkap.


  1. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.    Remedial
     Peserta didik yang belum tuntas diremedial dengan cara:
    Dimulai dengan pembelajaran indikator/materi yang belum tuntas dan diakhiri  
    dengan tes tertulis/ penugasan

b.   Pengayaan
Peserta didik yang sudah tuntas diberi tugas lain untuk memperdalam materi yang sudah dipelajarinya

  1. Kunci dan Pedoman Penskoran
a.    Kunci
(terlampir)

Pertemuan pertama

            Penilaian Pengetahuan

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1.
c.                      Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini sangat tepat

4
d.                     Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tepat

3
e.                      Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini kurang tepat

2
f.                       Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2.
g.                      Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini sangat tepat

4
h.                      Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini tepat

3
i.                        Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini kurang tepat

2
j.                         Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini tidak tepat
1
  
        Keterangan

         Nilai = Perolehan skor     
                    Jumlah soal

     Contoh
     Nilai =  7   = 3,5 = B+
                       2











            Pertemua kedua

            Penilaian Pengetahuan

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1.
Peserta didik menjelaskan persamaan struktur teks editorial/opini
k.                     sangat tepat
4
Peserta didik menjelaskan persamaan struktur teks editorial/opini
l.                         tepat
3
Peserta didik menjelaskan persamaan struktur teks editorial/opini
 kurang tepat

2
Peserta didik menjelaskan persamaan struktur teks editorial/opini
m.                     tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2.
Peserta didik menjelaskan perbedaan struktur teks editorial/opini
n.                     sangat tepat
4
Peserta didik menjelaskan perbedaan struktur teks editorial/opini
o.                       tepat
3
Peserta didik menjelaskan perbedaan struktur teks editorial/opini
 kurang tepat

2
Peserta didik menjelaskan perbedaan struktur teks editorial/opini
p.                       tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
3.
Peserta didik menjelaskan persamaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
q.                     sangat tepat
4
Peserta didik menjelaskan persamaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
r.                        tepat
3
Peserta didik menjelaskan persamaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
 kurang tepat

2
Peserta didik menjelaskan persamaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
s.                        tidak tepat
1










Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
4.
Peserta didik menjelaskan perbedaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
t.                       sangat tepat
4
Peserta didik menjelaskan perbedaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
u.                       tepat
3
Peserta didik menjelaskan perbedaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
 kurang tepat
2
Peserta didik menjelaskan perbedaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
v.                       tidak tepat
1

        Keterangan
       Nilai = Perolehan skor     
                    Jumlah soal

     Contoh
     Nilai =  12   = 3 = B
                       4
     
        Pertemuan ketiga

b.      Penilaian Pengetahuan

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1.
w.                    Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini sangat tepat

4
x.                      Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tepat

3
y.                      Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini kurang tepat

2
z.                      Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2.
aa.                   Peserta didik menemukan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini sangat lengkap

4
bb.                  Peserta didik menemukan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini lengkap

3
cc.                   Peserta didik menemukan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini lengkap

2
dd.                  Peserta didik menemukan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini tidak lengkap
1
  

        Keterangan

         Nilai = Perolehan skor     
                    Jumlah soal

     Contoh
     Nilai =  6   = 3 = B
                       2

c.    Penilaian Keterampilan

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1.
ee.                   Peserta didik menentukan topik teks editorial/opini sangat tepat
4
ff.                    Peserta didik menentukan topik teks editorial/opini tepat
3
gg.                  Peserta didik menentukan topik teks editorial/opini kurang tepat
2
hh.                  Peserta didik menentukan topik teks editorial/opini tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2.
ii.                      Peserta didik menemukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/ opini sangat tepat
4
jj.                      Peserta didik menemukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/ opini tepat
3
kk.                  Peserta didik menemukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/ opini kurang tepat
2
ll.                      Peserta didik menemukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/ opini tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
3.
mm.              Peserta didik menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini sangat tepat
4
nn.                  Peserta didik menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini tepat
3
oo.                  Peserta didik menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini kurang tepat
2
pp.                  Peserta didik menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
4.
qq.                   Peserta didik menjelaskan fakta yang terdapat dalam teks editorial/opini sangat lengkap
4
rr.                      Peserta didik menjelaskan fakta yang terdapat dalam teks editorial/opini lengkap
3
ss.                    Peserta didik menjelaskan fakta yang terdapat dalam teks editorial/opini kurang lengkap
2
tt.                     Peserta didik menjelaskan fakta yang terdapat dalam teks editorial/opini tidak lengkap
1


Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
5.
uu.                  Peserta didik menjelaskan opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini sangat tepat
4
vv.                  Peserta didik menjelaskan opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini tepat
3
ww.              Peserta didik menjelaskan opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini kurang tepat
2
xx.                  Peserta didik menjelaskan opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
6.
yy.                   Peserta didik menjelaskan tujuan penulis dalam teks editorial/opini sangat tepat
4
zz.                    Peserta didik menjelaskan tujuan penulis dalam teks editorial/opini tepat
3
aaa.               Peserta didik menjelaskan tujuan penulis dalam teks editorial/opini kurang tepat
2
bbb.              Peserta didik menjelaskan tujuan penulis dalam teks editorial/opini tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
7.
Peserta didik menjelaskan pihak yang dituju dalam teks editorial/opini sangat tepat
4
ccc.               Peserta didik menjelaskan pihak yang dituju dalam teks editorial/opini tepat
3
ddd.            Peserta didik menjelaskan pihak yang dituju dalam teks editorial/opini kurang tepat
2
eee.               Peserta didik menjelaskan pihak yang dituju dalam teks editorial/opini tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
8.
fff.                  Peserta didik menjelaskan saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini sangat tepat
4
ggg.               Peserta didik menjelaskan saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini sangat tepat
hhh.              Tepat
3
iii.                    Peserta didik menjelaskan saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini sangat tepat
jjj.                    kurang tepat
2
kkk.              Peserta didik menjelaskan saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini sangat tepat
lll.                    tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
9.
mmm.        Peserta didik mengungkapkan isi teks editorial/opini secara singkat dan lengkap sangat lengkap

4
nnn.              Peserta didik mengungkapkan isi teks editorial/opini secara singkat dan lengkap lengkap
3
ooo.              Peserta didik mengungkapkan isi teks editorial/opini secara singkat dan lengkap kurang lengkap

2
ppp.              Peserta didik mengungkapkan isi teks editorial/opini secara singkat dan lengkap tidak tepat
1

Keterangan

         Nilai = Perolehan skor      
                    Jumlah soal

     Contoh
     Nilai =  33   = 3,7 = A-
                       9

H.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat      : Power Point, teks editorial/opini, LCD, laptop
2.    Sumber Belajar
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik, Kls XII, Semester 2.



Baca Juga:

Pendaftaran CPNS 2016 Resmi Dibuka

Pendaftaran CPNS 2016 Resmi Dibuka

Pendaftaran CPNS 2016 Resmi Dibuka Dibawah ini mengenai Jadwal Pendaftaran CPNS tahun 2016 sima...
Soal dan Jawaban Ujian UT PGSD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan

Soal dan Jawaban Ujian UT PGSD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan

Soal dan Jawaban Ujian UT PGSD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Soal dan Jawaban Ujian...
Prota dan Promes SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 KTSP Semester 1 dan 2

Prota dan Promes SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 KTSP Semester 1 dan 2

Prota dan Promes SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 KTSP Semester 1 dan 2 Prota dan Promes SD Kelas 1, ...
Contoh RPP Matematika Paket B

Contoh RPP Matematika Paket B

Contoh RPP Matematika Paket B Dibawah ini sabarya.com mencoba membagikan contoh RPP Matematika P...
Silabus Matematika Paket B

Silabus Matematika Paket B

Silabus Matematika Paket B Silabus Matematika Paket B SILABUS Satuan Pendidikan      :...
silabus dan rpp kejar paket b

silabus dan rpp kejar paket b

silabus dan rpp kejar paket b RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pend...
penelitian tindakan kelas sekolah dasar kelas 1

penelitian tindakan kelas sekolah dasar kelas 1

penelitian tindakan kelas sekolah dasar kelas 1 Para sahabat guru sekalian, pada era sekara...
idik 4007

idik 4007

idik 4007 Modul 3 KB 1 Metodologi Penelitian IDIK4007 Kegiatan Belajar 1 Memilih Pendekat...
rangkuman pdgk 4504

rangkuman pdgk 4504

rangkuman pdgk 4504 rangkuman pdgk 4504 Mata  kuliah  ini  membekali,  mahasiswa  S1  PGSD ...
makalah kebudayaan

makalah kebudayaan

Makalah Kebudayaan KATA PENGANTAR Seiring dengan kemajuan jaman, tradisi dan kebudayaan d...
contoh penelitian deduktif dan induktif

contoh penelitian deduktif dan induktif

  contoh penelitian deduktif dan induktif METODE RISET Penelitian merupakan su...




Lampiran

Teks editorial/opini

Menjual Sembari Menjaga Nirwana

1.      Indonesia adalah surga sekaligus kisah nyata, bukan isapan jempol belaka atau romantisme dari masa lalu. Ada begitu banyak tempat indah yang tersembunyi dan masih perawan. Sayangnya, tempat- tempat itu belum digarap serius sebagai tujuan wisata. Jangankan membuat program wisata yang kreatif, membangun prasarananya saja kerap tidak dilakukan pemerintah.

2.      Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan keindahan sejumlah tempat terancam oleh eksploitasi alam yang salah dan serakah. Padahal, dengan pariwisata, daerah bisa mendapatkan penghasilan sekaligus memelihara alam selingkungannya.

3.      Di kepulauan Togean, Sulawesi Tengah, ironi itu terpampang nyata. Kepulauan itu memiliki pantai-pantai molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara terumbu karang indah. Menjelang senja, matahari menjadi bola merah yang ditelan laut jingga. Namun, di sana juga berlangsung perusakan alam yang kerap didukung para politikus. Mereka datang hanya pada saat kampanye untuk memancing suara, bahkan mempersilakan para nelayan mengebom terumbu karang. Keinginan pemerintah pusat menjadikannya sebagai taman nasional ditentang justru oleh pemerintah daerah.

4.      Di Mentawai, Sumatera Barat, lain lagi yang terjadi. Kepulauan ini memiliki ombak terbaik untuk berselancar. Di dunia ini hanya ada tiga tempat yang memiliki barrel—ombak berbentuk terowongan— yang dapat ditemui sepanjang waktu: Hawaii, Haiti, dan Mentawai. Namun, pemerintah daerah seolah-olah tidak berdaya di sana. Resor tumbuh menjamur, tetapi kontribusi mereka kepada ekonomi daerah amat minimal. Mungkin ini merupakan bentuk “protes” mereka kepada pemerintah daerah yang tidak serius membangun prasarana wisata di sana.

5.      Dengan ribuan “surga yang tersembunyi” itu, pemerintah seharusnya
      bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini. Tahun lalu, menurut catatan Badan Pusat Statistik, hanya ada 8 juta wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia. Jangankan dibandingkan dengan Prancis yang mampu mendatangkan 83 juta turis tahun lalu, jumlah wisatawan asing ke Indonesia masih jauh dari Malaysia, yang menurut United Nations World Tourism Organization kedatangan 25 juta pelancong pada 2012. Ini menempatkan Malaysia pada peringkat ke-10 negara dengan jumlah wisatawan asing terbanyak.

6.         Problem utama dari tidak berkembangnya pariwisata di Indonesia adalah ceteknya kesadaran akan potensi yang kita miliki. Pemerintah pusat ataupun daerah masih lebih senang mendapatkan uang dengan cara mengeksploitasi sumber daya alam. Mereka lebih suka membabat hutan untuk mengambil kayunya, menggali buminya untuk mengeduk mineral di dalamnya, atau menggantikan pepohonan hutan dengan kelapa sawit. Pariwisata dianggap tidak terlalu menguntungkan—terutama untuk pejabat yang korup. Tidak ada resor atau pengelola wisata yang bisa membayar setoran ke pejabat korup sebesar yang disetor pejabat hutan atau pemilik tambang.

7.         Kesadaran menjaga alam dan mengembangkan potensi wisata justru datang dari operator wisata. Di Togean, seorang pemilik resor harus membayar nelayan secara berkala agar mereka tidak memburu ikan dengan bom. Ia berupaya menyadarkan masyarakat tentang arti penting keindahan alam di halaman rumah mereka. Di Hulu Bahau, Kalimantan Utara, seorang ketua adat besar berhasil menyadarkan masyarakat untuk menjaga hutan. Bersama lembaga seperti WWF, masyarakat di sana mengembangkan wisata sungai dan rimba.

8.         Selain membangun infrastruktur—seperti akses ke tempat itu—dan sarana semisal transportasi dan penginapan, pemerintah harus lebih serius memikirkan program-program untuk membungkus potensi ini agar lebih menarik. Singapura, misalnya, pulau kecil yang penuh beton itu mampu membuat banyak atraksi wisata—meski sebagian  besar artifisial dan terlihat lebih indah di iklan—yang mampu menarik 15 juta wisatawan asing. Hampir dua kali lipat dari yang ke Indonesia.

9.    Selama ini pemerintah hanya menjual Bali dan Bali, atau—kalau mau dikatakan agak berpandangan luas sedikit—bergesernya pun paling-paling hanya ke Yogyakarta dan Danau Toba. Padahal tempat-tempat itu tidak perlu “dijual” lagi dan sebaiknya dibiarkan
        jalan sendiri. Berapa banyak peminat wisata yang tahu, misalnya, bahwa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, di pertemuan antara Selat Malaka, Laut Cina Selatan, dan arus surut Sungai Kampar, terdapat “bono”, tidal bore yang dirindukan para selancar sungai, dan diakui sebagai yang terbaik di dunia.


10. Indonesia memang surga sekaligus kisah nyata. Di tangan para pemangku kepentingan terletak tanggung jawab merayakannya.


jelaskan bagaimana cara penulisan teks mengungkapkan tujuannya melalui teks opini/ editorial pada teks " menjual sembari menjaga nirwana".,setujukah kalian bahwa penulis teks tersebut ingin mengemukakan pendapatnya,isi editorial,ciri kebahasaan teks opini,contoh teks editorial,contoh opini hortatoris,pengertian teks editorial,struktur teks editorial,ciri ciri teks editorial,jelaskan hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah dalam penerapan otonomi daerah di indonesia.,gambang suling adalah salah satu lagu daerah jawa tengah yang diciptakan oleh,informasi argumentatif muncul pada struktur teks iklan bagian,teks eksplanasi kekeringan,teks editorial adalah,perwujudan kedaulatan hukum,apa yang disampaikan oleh penulis teks tentang mandiri pangan dan teknologi tepat guna,modifikasi produk kerajinan,arti justifikasi dalam iklan,gugel permainan,jenis sudut,musik iringan tari tradisional,pengertian tubuh iklan dan justifikasi,wujud partisipasi masyarakat dalam upaya penegakan ham,perwujudan rasa syukur atas kemerdekaan,jelaskan cara merancang kerajinan dengan bahan tekstil,properti dalam tari piring,daur hidup jangkrik yang benar,anyer panarukan,pengertian orientasi pada teks iklan,tujuan teks editorial,persamaan teks eksposisi dan teks eksplanasi,pada sebait pantun di atas apakah sudah memenuhi pengertian yang dimaksudkan harun mat piah,mengonversi teks iklan dalam bentuk yang lain,bunyi musik yang tenang dan lembut menggambarkan suasana,kaidah kebahasaan teks iklan,peta jaringan perdagangan kerajaan sriwijaya dan majapahit,kaidah pernyataan teks iklan,perumusan uud 1945,RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial

Untuk mendapatkan file RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial secara utuh dalam format .doc silahkan download


Terimakasih atas kunjungan anda ke blog carimbahgugel.blogspot.com http://www.carimbahgugel.blogspot.com/, Anda telah mengunjungi postingan yang berjudul "RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog carimbahgugel.blogspot.com. semoga bermanfaat...

Admin carimbahgugel.blogspot.com



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial

0 comments:

Post a Comment