Selamat datang di blog carimbahgugel.blogspot.com http://www.carimbahgugel.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati
Admin carimbahgugel.blogspot.com
Admin carimbahgugel.blogspot.com menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog carimbahgugel.blogspot.com. semoga bermanfaat...
RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial
RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial,tugas 1 membandingkan struktur teks cerita ulang dengan teks eksplanasi,membandingkan struktur teks cerita ulang dengan teks eksplanasi bermula dari gatot kaca,jawaban tugas 2 mengonversi teks menunggu godot,kunci jawaban tugas 2 mengonversi teks menunggu godot,tugas 2 mengubah teks cerita ulang menjadi teks cerita pendek,jawaban tugas 1 menganalisis isi teks eksplanasi,tugas 3 memproduksi teks ulasan,tugas 5 menyunting teks teman masing masing
RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial
RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial
RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks
Opini/Editorial)
Sekolah :
|
SMA…/ SMK …
|
Mata pelajaran
:
|
Bahasa Indonesia
|
Materi Pembelajaran
|
Struktur, Kaidah, dan Isi Teks Editorial/Opini
|
Kelas/Semester
:
|
XII/2
|
Alokasi Waktu
:
|
3 x 2 JP
|
KI 1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluas
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks
ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli,
dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan
editorial/opinin tentang konflik sosial, politik, ekonomi, kebijakan publik,
dan lingkungan hidup
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan
maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan
maupun tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1 Menggunakan bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur dalam memahami teks
editorial secara lisan maupun tulisan
2.4.1 Mengungkapkan
pendapat tentang isi teks editorial/opini dengan
jujur
2.4.2 Mendengarkan pendapat orang lain dalam diskusi tentang isi
teks editorial/opini dengan serius.
2.4.3 Santun dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi
3.1.1 Menentukan struktur teks editorial/opini
3.1.2 Mengidentifikasi kaidah/cirri bahasa teks editorial/opini
3.2.1
Menjelaskan persamaan struktur teks editorial/opini
3.2.2
Menjelaskan perbedaan struktur teks editorial/opini
3.2.3
Menjelaskan persamaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
3.2.3
Menjelaskan perbedaan cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
3.3.1 Menjelaskan struktur
teks editorial/opini
3.3.2 Menemukan kaidah/cirri bahasa teks editorial/opini
4.1.1 Menentukan topik teks editorial/opini yang
dibaca
4.1.2 Menemukan kalimat utama tiap paragraf
dalam teks editorial/opini
4.1.3 Menjelaskan masalah
yang terdapat dalam teks editorial/opini
4.1.4 Menjelaskan fakta
yang terdapat dalam teks editorial/opini
4.1.5 Menjelaskan opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini
4.1.6 Menjelaskan tujuan
penulis dalam teks editorial/opini
4.1.7 Menjelaskan pihak
yang dituju dalam teks editorial/opini
4.1.8 Menjelaskan saran yang diungkapkan dalam
teks editorial/opini
4.1.9
Mengungkapkan isi
teks editorial/opini secara singkat dan lengkap.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Teks editorial/opini
(halaman 6 dan 25)
2.
Struktur teks
editorial/opini (pernyataan pendapat, argumentasi, pernyataan ulang pendapat)
3.
Ciri kaidah teks
editorial/opini
-
adverbial frekuensi
-
konjungsi
-
verba material, relasional, dan mental
-
kosakata yang jarang digunakan dalam
keseharian
4.
Isi teks editorial/opini
-
topik
-
masalah
-
tujuan
-
fakta
-
opini/pandangan penulis
-
kalimat utama
E. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama: (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Saintifik
Discovery Learning
|
1. Peserta didik merespons
salam
2. Peserta didik merespons pertanyaan guru yang berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya.
3. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
4. Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, indikator, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Peserta didik membentuk kelompok, masing-masing 4 orang
|
10
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1.
Peserta didik membaca teks
editorial/opini dengan cermat dalam buku teks.
2. Peserta
didik mencermati struktur, cirri kaidah bahasa dalam teks editorial/opini.
Menanya
3.
Peserta didik bertanya secara lisan tentang struktur, ciri kaidah bahasa.
4.
Peserta didik lainnya menjawab,
menanggapi, atau memberikan komentar.
Mengumpulkan Informasi
5.
Secara berkelompok peserta didik
menemukan struktur dalam teks
editorial yang didapatkan dari media massa atau media elektronik.
6.
Secara berkelompok peserta didik
menemukan cirri kaidah bahasa yang terdapat dalam teks editorial/opini
Mengasosiasi
7.
Peserta
didik secara berkelompok menata struktur teks editorial/opini yang
telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
8.
Peserta didik secara berkelompok
menyimpulkan ciri kaidah bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini.
Mengomunikasikan
9.
Secara bergantian peserta didik mempresentasikan
struktur dan cirri kaidah teks editorial/opini
10. Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju
ke depan
|
65
|
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.
Peserta didik melakukan penilaian pembelajaran.
3.
Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran yang telah
dicapai.
4.
Peserta didik
merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
|
15
|
- Contoh Produksi Teks Untuk katakunci di mesin pencari google
- Kata Kunci Produksi Teks Keywords Untuk Unlock Modem - New !!
- Kata Kunci Yang Berhubungan dengan Kunci Jawaban Ujian Nasional - New !!
- Katakunci/ keyword yang berhubungan dengan kunci jawaban dan soal
- Produksi Teks Katakunci/ Keywords Untuk Niche Puisi - New !!
- Produksi Teks Keywords Untuk Niche Movie dan Lyric - New !!
- Text Production Keywords for Valentine's Day - New !!
- produksi kata kunci/ keywords untuk topik daftar harga handphone - New !!
- produksi keywords teks eksposisi teknologi tepat guna tentang mesin perontok padi - New !!
Pertemuan kedua: (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Saintifik, Discovery Learning
|
1.
Peserta didik
merespons salam
2.
Peserta didik merespons
pertanyaan guru yang berhubungan dengan
pembelajaran sebelumnya.
3.
Peserta didik menerima
informasi tentang keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Peserta didik menerima
informasi kompetensi, materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik membentuk kelompok,
masing-masing 4 orang
|
10
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1.
Peserta didik membaca dua buah teks editorial/opini yang judulnya berbeda dengan cermat dalam buku teks.
2.
Peserta didik
mencermati struktur, cirri kaidah bahasa yang digunakan dalam kedua teks
editorial/opini tersebut
Menanya
3.
Peserta didik bertanya secara lisan tentang struktur, ciri kaidah bahasa dalam teks
editorial/opini.
4. Peserta
didik lainnya menjawab, menanggapi, atau memberikan komentar.
Mengumpulkan Informasi
5. Secara
berkelompok peserta didik menemukan persamaan struktur dalam dua teks
editorial yang didapatkan dari media massa atau media elektronik.
6. Secara
berkelompok peserta didik menemukan persamaan cirri kaidah bahasa dalam kedua
teks editorial yang didapatkan dari media massa atau media elektronik.
7. Secara
berkelompok peserta didik menemukan perbedaan struktur yang terdapat dalam kedua
teks editorial/opini
8. Secara
berkelompok peserta didik menemukan perbedaan cirri kaidah bahasa yang terdapat dalam kedua
teks editorial/opini
Mengasosiasi
9. Peserta didik secara berkelompok menata persamaan struktur dari dua teks
editorial/opini yang telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
10. Peserta didik secara berkelompok menata persamaan cirri kaidag dari dua teks editorial/opini yang telah
ditemukan dalam diskusi kelompok.
11. Peserta didik secara berkelompok menata perbedaan struktur dari dua teks
editorial/opini yang telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
12. Peserta didik secara berkelompok menata perbedaan cirri kaidah dari dua teks editorial/opini yang telah
ditemukan dalam diskusi kelompok.
13. Peserta
didik secara berkelompok menyimpulkan persamaan struktur dan cirri kaidah
kedua teks editorial/opini.
14. Peserta
didik secara berkelompok menyimpulkan perbedaan struktur dan ciri kaidah
bahasa yang digunakan dalam kedua teks editorial/opini.
Mengomunikasikan
15. Secara
bergantian peserta didik mempresentasikan persamaan dan perbedaan struktur
dan cirri kaidah dari kedua teks editorial/opini
16. Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju
ke depan
|
65
|
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.
Peserta didik melakukan penilaian pembelajaran.
3.
Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran yang telah
dicapai.
4.
Peserta didik
merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
|
15
|
Pertemuan
ketiga (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Saintifik
Discovery Learning
|
1.
Peserta didik
merespons salam
2.
Peserta didik merespons
pertanyaan guru yang berhubungan dengan
pembelajaran sebelumnya.
3.
Peserta didik menerima
informasi tentang keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Peserta didik menerima
informasi kompetensi, materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik membentuk kelompok,
masing-masing 4 orang
|
10
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1.
Peserta didik membaca teks
editorial/opini dengan cermat dalam buku teks.
2.
Peserta didik
mencermati struktur, cirri kaidah bahasa dalam teks editorial/opini.
Menanya
3.
Peserta didik bertanya secara lisan tentang struktur, ciri kaidah bahasa.
4. Peserta
didik lainnya menjawab, menanggapi, atau memberikan komentar.
Mengumpulkan Informasi
5.
Secara berkelompok peserta didik
menganalisis struktur teks editorial
yang didapatkan dari media massa atau media elektronik.
6.
Secara berkelompok peserta didik
menganalisis cirri kaidah bahasa yang terdapat dalam teks editorial/opini
7.
Secara berkelompok peserta didik
merumuskan topik teks editorial/opini
8.
Secara berkelompok peserta didik
merumuskan masalah teks editorial/ opini
9.
Secara berkelompok peserta didik
menemukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/opini
10. Secara
berkelompok peserta didik menafsirkan tujuan penulis teks editorial/opini
11. Secara
berkelompok peserta didik mengidentifikasi fakta dan opini/pandangan penulis teks editorial/opini
12. Secara
berkelompok peserta didik menafsirkan pihak yang dituju penulis teks
editorial/opini
13. Secara
berkelompok peserta didik menemukan
saran penulis teks editorial/opini
Mengasosiasi
11. Peserta didik secara berkelompok menata struktur teks editorial/opini yang
telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
12. Peserta
didik secara berkelompok menyimpulkan ciri kaidah bahasa yang digunakan dalam
teks editorial/opini.
13. Peserta
didik mengolah informasi yang telah ditemukan tentang topik, masalah, kalimat
utama, fakta, opini/pandangan, tujuan, pihak yang dituju, dan saran penulis
teks editorial/opini
Mengomunikasikan
14. Secara
bergantian peserta didik mempresentasikan struktur dan cirri kaidah, isi teks
editorial/opini
15. Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju
ke depan
|
65
|
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.
Peserta didik melakukan penilaian pembelajaran.
3.
Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran yang telah
dicapai.
4.
Peserta didik
merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
|
15
|
F. Penilaian,
Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
penilaian
a. Kompetensi Sikap:
·
observasi
b.
Kompetensi Pengetahuan:
·
tes tertulis
c.
Kompetensi Keterampilan:
· tes praktik
2. Instrumen
penilaian
a. Pertemuan pertama
1) Penilaian Sikap
Instrumen
Penilaian Observasi
No.
|
Nama peserta
didik
|
Menggunakan
Bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
|
Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial/opini
dengan jujur
|
Mendengarkan pendapat orang lain dalam diskusi tentang
isi teks editorial/opini dengan serius.
|
Santun
dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi
|
Nilai
|
1.
|
Aliya
|
V
|
v
|
v
|
v
|
SB
|
2.
|
Berni
|
V
|
v
|
v
|
B
|
|
3.
|
Dedy
|
V
|
v
|
C
|
||
4.
|
Edi
|
v
|
K
|
2) Penilaian
Pengetahuan
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Menentuka struktur teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Tentukan struktur teks editorial/opini yang telah Anda baca (teks
terlampir)
|
2.
|
Mengidentifikasi kaidah/ciri bahasa teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Identifikasilah kaidah/ciri bahasa yang digunakan dalam teks
editorial/opini, masing-masing beserta
contohnya! (teks terlampir)
|
b.
Pertemuan
kedua
1)Penilaian Sikap
Instrumen
Penilaian Observasi
No.
|
Nama peserta
didik
|
Menggunakan
Bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
|
Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial/opini
dengan jujur
|
Mendengarkan pendapat orang lain dalam diskusi tentang
isi teks editorial/opini dengan serius.
|
Santun
dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi
|
Nilai
|
1.
|
Arief
|
V
|
V
|
v
|
v
|
SB
|
2.
|
Budi
|
V
|
V
|
v
|
B
|
|
3.
|
Kahar
|
V
|
V
|
C
|
||
4.
|
Eva
|
v
|
K
|
2)Penilaian Pengetahuan
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan persamaan struktur teks
editorial/opini
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan persamaan struktur dari dua
teks teks editorial/opini yang And abaca! (teks terlampir)
|
2.
|
Menjelaskan
perbedaan struktur teks editorial/opini
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
perbedaan struktur dari dua teks editorial/opini yang And abaca! (teks
terlampir)
|
3.
|
Menjelaskan
persamaan ciri kaidah bahasa teks editorial/opini
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
persamaan ciri kaidah bahasa dari dua teks editorial/opini yang And abaca!
(teks terlampir)
|
4.
|
Menjelaskan
perbedaan ciri kaidah bahasa teks editorial/opini
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
perbedaan ciri kaidah bahasa teks editorial/opini dari dua teks yang And
abaca! (teks terlampir)
|
c.
Pertemuan
ketiga
1)
Penilaian sikap
Instrumen
Penilaian Observasi
No.
|
Nama peserta
didik
|
Menggunakan
Bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
|
Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial/opini
dengan jujur
|
Mendengarkan pendapat orang lain dalam diskusi tentang
isi teks editorial/opini dengan serius.
|
Santun
dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi
|
Nilai
|
1.
|
Anita
|
V
|
v
|
v
|
v
|
SB
|
2.
|
Bella
|
V
|
v
|
v
|
B
|
|
3.
|
Desi
|
V
|
v
|
C
|
||
4.
|
Elia
|
v
|
K
|
2) Penilaian
Pengetahuan
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan struktur teks
editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
JelasJan struktur teks
editorial/opini
yang Anda baca! (teks terlampir)
|
2.
|
Menemukan kaidah/cirri bahasa teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Temukan kaidah/ciri bahasa dalam teks editorial/opini yang Anda baca (teks terlampir)
|
3) Penilaian
Keterampilan
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Menentukan
topik teks editorial/opini yang dibaca
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Tentukan
topik teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
|
2.
|
Menemukan
kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Temukan kalimat utama tiap paragraf
dalam teks editorial/opini yang Anda baca (teks
terlampir)
|
3.
|
Menjelaskan masalah yang
terdapat dalam teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan masalah yang terdapat dalam
teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
|
4.
|
Menjelaskan fakta yang
terdapat dalam teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan 4 fakta
yang terdapat dalam teks editorial/opini yang Anda
baca! (teks terlampir)
|
5.
|
Menjelaskan opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan opini/pandangan penulis dalam
teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
|
6.
|
Menjelaskan
tujuan penulis dalam teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan tujuan
penulis dalam teks editorial/opini
|
7.
|
Menjelaskan pihak yang dituju
dalam teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pihak yang dituju dalam teks
editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
|
8
|
Menjelaskan
saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan saran yang diungkapkan dalam
teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
|
9.
|
Mengungkapkan isi teks
editorial/opini secara singkat dan lengkap.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Ungkapkan isi teks editorial/
opini secara singkat dan lengkap.
|
- Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Peserta didik yang belum tuntas diremedial
dengan cara:
Dimulai dengan pembelajaran
indikator/materi yang belum tuntas dan diakhiri
dengan tes tertulis/ penugasan
b. Pengayaan
Peserta didik yang
sudah tuntas diberi tugas lain untuk memperdalam materi yang sudah
dipelajarinya
- Kunci dan Pedoman Penskoran
a. Kunci
(terlampir)
Pertemuan
pertama
Penilaian Pengetahuan
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1.
|
c.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini sangat tepat
|
4
|
d.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tepat
|
3
|
|
e.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini kurang
tepat
|
2
|
|
f.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2.
|
g.
Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam
teks editorial/opini sangat tepat
|
4
|
h.
Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam
teks editorial/opini tepat
|
3
|
|
i.
Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam
teks editorial/opini kurang tepat
|
2
|
|
j.
Peserta didik menjelaskan
kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini tidak tepat
|
1
|
Keterangan
Nilai = Perolehan skor
Jumlah soal
Contoh
Nilai = 7 = 3,5 = B+
Nilai = 7 = 3,5 = B+
2
Pertemua
kedua
Penilaian Pengetahuan
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1.
|
Peserta didik menjelaskan persamaan
struktur teks editorial/opini
k.
sangat tepat
|
4
|
Peserta didik menjelaskan persamaan
struktur teks editorial/opini
l.
tepat
|
3
|
|
Peserta didik menjelaskan persamaan
struktur teks editorial/opini
kurang tepat
|
2
|
|
Peserta didik menjelaskan persamaan
struktur teks editorial/opini
m.
tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2.
|
Peserta didik menjelaskan perbedaan
struktur teks editorial/opini
n.
sangat tepat
|
4
|
Peserta didik menjelaskan perbedaan
struktur teks editorial/opini
o.
tepat
|
3
|
|
Peserta didik menjelaskan perbedaan
struktur teks editorial/opini
kurang tepat
|
2
|
|
Peserta didik menjelaskan perbedaan
struktur teks editorial/opini
p.
tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
3.
|
Peserta didik menjelaskan persamaan
cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
q.
sangat tepat
|
4
|
Peserta didik menjelaskan persamaan
cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
r.
tepat
|
3
|
|
Peserta didik menjelaskan persamaan
cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
kurang tepat
|
2
|
|
Peserta didik menjelaskan persamaan
cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
s.
tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
4.
|
Peserta didik menjelaskan perbedaan
cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
t.
sangat tepat
|
4
|
Peserta didik menjelaskan perbedaan
cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
u.
tepat
|
3
|
|
Peserta didik menjelaskan perbedaan
cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
kurang tepat
|
2
|
|
Peserta didik menjelaskan perbedaan
cirri kaidah bahasa teks editorial/opini
v.
tidak tepat
|
1
|
Keterangan
Nilai
= Perolehan skor
Jumlah soal
Contoh
Nilai = 12 = 3 = B
Nilai = 12 = 3 = B
4
Pertemuan
ketiga
b.
Penilaian
Pengetahuan
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1.
|
w.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini sangat tepat
|
4
|
x.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tepat
|
3
|
|
y.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini kurang
tepat
|
2
|
|
z.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2.
|
aa.
Peserta didik menemukan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini sangat lengkap
|
4
|
bb.
Peserta didik menemukan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini
lengkap
|
3
|
|
cc.
Peserta didik menemukan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini
lengkap
|
2
|
|
dd.
Peserta didik menemukan
kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini tidak lengkap
|
1
|
Keterangan
Nilai = Perolehan skor
Jumlah soal
Contoh
Nilai = 6 = 3 = B
Nilai = 6 = 3 = B
2
c.
Penilaian
Keterampilan
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1.
|
ee.
Peserta didik menentukan
topik teks editorial/opini sangat tepat
|
4
|
ff.
Peserta didik menentukan
topik teks editorial/opini tepat
|
3
|
|
gg.
Peserta didik menentukan
topik teks editorial/opini kurang tepat
|
2
|
|
hh.
Peserta didik menentukan
topik teks editorial/opini tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2.
|
ii.
Peserta didik menemukan
kalimat utama tiap paragraf dalam teks
editorial/ opini sangat tepat
|
4
|
jj.
Peserta didik menemukan
kalimat utama tiap paragraf dalam teks
editorial/ opini tepat
|
3
|
|
kk.
Peserta didik menemukan
kalimat utama tiap paragraf dalam teks
editorial/ opini kurang tepat
|
2
|
|
ll.
Peserta didik menemukan
kalimat utama tiap paragraf dalam teks
editorial/ opini tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
3.
|
mm.
Peserta didik menjelaskan
masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini
sangat tepat
|
4
|
nn.
Peserta didik menjelaskan
masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini
tepat
|
3
|
|
oo.
Peserta didik menjelaskan
masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini
kurang tepat
|
2
|
|
pp.
Peserta didik menjelaskan
masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini
tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
4.
|
qq.
Peserta
didik menjelaskan
fakta yang terdapat dalam teks editorial/opini sangat lengkap
|
4
|
rr.
Peserta didik menjelaskan fakta yang terdapat dalam
teks editorial/opini lengkap
|
3
|
|
ss.
Peserta didik menjelaskan
fakta yang terdapat dalam teks editorial/opini kurang lengkap
|
2
|
|
tt.
Peserta didik menjelaskan
fakta yang terdapat dalam teks editorial/opini tidak lengkap
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
5.
|
uu.
Peserta didik menjelaskan
opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini sangat tepat
|
4
|
vv.
Peserta didik menjelaskan
opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini tepat
|
3
|
|
ww.
Peserta didik menjelaskan
opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini kurang tepat
|
2
|
|
xx.
Peserta didik menjelaskan
opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
6.
|
yy.
Peserta
didik menjelaskan
tujuan penulis dalam teks editorial/opini sangat tepat
|
4
|
zz.
Peserta didik menjelaskan tujuan penulis dalam teks
editorial/opini tepat
|
3
|
|
aaa.
Peserta didik menjelaskan
tujuan penulis dalam teks editorial/opini kurang tepat
|
2
|
|
bbb.
Peserta didik menjelaskan
tujuan penulis dalam teks editorial/opini tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
7.
|
Peserta didik menjelaskan
pihak yang dituju dalam teks editorial/opini sangat tepat
|
4
|
ccc.
Peserta didik menjelaskan
pihak yang dituju dalam teks editorial/opini tepat
|
3
|
|
ddd.
Peserta didik menjelaskan
pihak yang dituju dalam teks editorial/opini kurang tepat
|
2
|
|
eee.
Peserta didik menjelaskan
pihak yang dituju dalam teks editorial/opini tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
8.
|
fff.
Peserta
didik menjelaskan
saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini sangat tepat
|
4
|
ggg.
Peserta didik menjelaskan saran yang diungkapkan
dalam teks editorial/opini sangat tepat
hhh.
Tepat
|
3
|
|
iii.
Peserta didik menjelaskan
saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini sangat tepat
jjj.
kurang tepat
|
2
|
|
kkk.
Peserta didik menjelaskan
saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini sangat tepat
lll.
tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
9.
|
mmm.
Peserta didik mengungkapkan
isi teks editorial/opini secara singkat dan lengkap
sangat lengkap
|
4
|
nnn.
Peserta didik mengungkapkan
isi teks editorial/opini secara singkat dan lengkap lengkap
|
3
|
|
ooo.
Peserta didik mengungkapkan
isi teks editorial/opini secara singkat dan lengkap
kurang
lengkap
|
2
|
|
ppp.
Peserta didik mengungkapkan
isi teks editorial/opini secara singkat dan lengkap
tidak tepat
|
1
|
Keterangan
Nilai = Perolehan skor
Jumlah soal
Contoh
Nilai = 33 = 3,7 = A-
Nilai = 33 = 3,7 = A-
9
H. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Power Point, teks editorial/opini,
LCD, laptop
2. Sumber
Belajar
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa
Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik, Kls XII, Semester 2.
Baca Juga:
Pendaftaran CPNS 2016 Resmi Dibuka
Pendaftaran CPNS 2016 Resmi Dibuka Dibawah ini mengenai Jadwal Pendaftaran CPNS tahun 2016 sima...
Soal dan Jawaban Ujian UT PGSD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan
Soal dan Jawaban Ujian UT PGSD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Soal dan Jawaban Ujian...
Prota dan Promes SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 KTSP Semester 1 dan 2
Prota dan Promes SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 KTSP Semester 1 dan 2 Prota dan Promes SD Kelas 1, ...
Contoh RPP Matematika Paket B
Contoh RPP Matematika Paket B Dibawah ini sabarya.com mencoba membagikan contoh RPP Matematika P...
Silabus Matematika Paket B
Silabus Matematika Paket B Silabus Matematika Paket B SILABUS Satuan Pendidikan :...
silabus dan rpp kejar paket b
silabus dan rpp kejar paket b RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pend...
penelitian tindakan kelas sekolah dasar kelas 1
penelitian tindakan kelas sekolah dasar kelas 1 Para sahabat guru sekalian, pada era sekara...
idik 4007
idik 4007 Modul 3 KB 1 Metodologi Penelitian IDIK4007 Kegiatan Belajar 1 Memilih Pendekat...
rangkuman pdgk 4504
rangkuman pdgk 4504 rangkuman pdgk 4504 Mata kuliah ini membekali, mahasiswa S1 PGSD ...
makalah kebudayaan
Makalah Kebudayaan KATA PENGANTAR Seiring dengan kemajuan jaman, tradisi dan kebudayaan d...
contoh penelitian deduktif dan induktif
contoh penelitian deduktif dan induktif METODE RISET Penelitian merupakan su...
Lampiran
Teks
editorial/opini
Menjual Sembari Menjaga
Nirwana
1. Indonesia
adalah surga sekaligus kisah nyata, bukan isapan jempol belaka atau romantisme
dari masa lalu. Ada begitu banyak tempat indah yang tersembunyi dan masih
perawan. Sayangnya, tempat- tempat itu belum digarap serius sebagai tujuan
wisata. Jangankan membuat program wisata yang kreatif, membangun prasarananya
saja kerap tidak dilakukan pemerintah.
2. Dalam
beberapa tahun terakhir, bahkan keindahan sejumlah tempat terancam oleh
eksploitasi alam yang salah dan serakah. Padahal, dengan pariwisata, daerah
bisa mendapatkan penghasilan sekaligus memelihara alam selingkungannya.
3. Di
kepulauan Togean, Sulawesi Tengah, ironi itu terpampang nyata. Kepulauan itu
memiliki pantai-pantai molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan
berwarna-warni yang menyelinap di antara terumbu karang indah. Menjelang senja,
matahari menjadi bola merah yang ditelan laut jingga. Namun, di sana juga
berlangsung perusakan alam yang kerap didukung para politikus. Mereka datang
hanya pada saat kampanye untuk memancing suara, bahkan mempersilakan para
nelayan mengebom terumbu karang. Keinginan pemerintah pusat menjadikannya
sebagai taman nasional ditentang justru oleh pemerintah daerah.
4.
Di Mentawai, Sumatera Barat, lain lagi yang terjadi. Kepulauan ini
memiliki ombak terbaik untuk berselancar. Di dunia ini hanya ada tiga tempat
yang memiliki barrel—ombak berbentuk terowongan— yang dapat ditemui
sepanjang waktu: Hawaii, Haiti, dan Mentawai. Namun, pemerintah daerah
seolah-olah tidak berdaya di sana. Resor tumbuh menjamur, tetapi kontribusi
mereka kepada ekonomi daerah amat minimal. Mungkin ini merupakan bentuk
“protes” mereka kepada pemerintah daerah yang tidak serius membangun prasarana
wisata di sana.
5.
Dengan ribuan “surga yang tersembunyi” itu, pemerintah seharusnya
bisa menaikkan jumlah wisatawan asing
yang datang ke negeri ini. Tahun lalu, menurut catatan Badan Pusat Statistik,
hanya ada 8 juta wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia. Jangankan
dibandingkan dengan Prancis yang mampu mendatangkan 83 juta turis tahun lalu,
jumlah wisatawan asing ke Indonesia masih jauh dari Malaysia, yang menurut United
Nations World Tourism Organization kedatangan 25 juta pelancong pada 2012.
Ini menempatkan Malaysia pada peringkat ke-10 negara dengan jumlah wisatawan
asing terbanyak.
6.
Problem utama dari tidak berkembangnya pariwisata di Indonesia
adalah ceteknya kesadaran akan potensi yang kita miliki. Pemerintah pusat
ataupun daerah masih lebih senang mendapatkan uang dengan cara mengeksploitasi
sumber daya alam. Mereka lebih suka membabat hutan untuk mengambil kayunya,
menggali buminya untuk mengeduk mineral di dalamnya, atau menggantikan
pepohonan hutan dengan kelapa sawit. Pariwisata dianggap tidak terlalu
menguntungkan—terutama untuk pejabat yang korup. Tidak ada resor atau pengelola
wisata yang bisa membayar setoran ke pejabat korup sebesar yang disetor pejabat
hutan atau pemilik tambang.
7.
Kesadaran menjaga alam dan mengembangkan potensi wisata justru
datang dari operator wisata. Di Togean, seorang pemilik resor harus membayar
nelayan secara berkala agar mereka tidak memburu ikan dengan bom. Ia berupaya
menyadarkan masyarakat tentang arti penting keindahan alam di halaman rumah
mereka. Di Hulu Bahau, Kalimantan Utara, seorang ketua adat besar berhasil
menyadarkan masyarakat untuk menjaga hutan. Bersama lembaga seperti WWF,
masyarakat di sana mengembangkan wisata sungai dan rimba.
8.
Selain membangun infrastruktur—seperti akses ke tempat itu—dan
sarana semisal transportasi dan penginapan, pemerintah harus lebih serius
memikirkan program-program untuk membungkus potensi ini agar lebih menarik.
Singapura, misalnya, pulau kecil yang penuh beton itu mampu membuat banyak
atraksi wisata—meski sebagian besar artifisial dan terlihat lebih indah di iklan—yang
mampu menarik 15 juta wisatawan asing. Hampir dua kali lipat dari yang ke
Indonesia.
9. Selama ini pemerintah hanya menjual Bali
dan Bali, atau—kalau mau dikatakan agak berpandangan luas sedikit—bergesernya
pun paling-paling hanya ke Yogyakarta dan Danau Toba. Padahal tempat-tempat itu
tidak perlu “dijual” lagi dan sebaiknya dibiarkan
jalan sendiri. Berapa banyak peminat
wisata yang tahu, misalnya, bahwa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi
Riau, di pertemuan antara Selat Malaka, Laut Cina Selatan, dan arus surut
Sungai Kampar, terdapat “bono”, tidal bore yang dirindukan para selancar
sungai, dan diakui sebagai yang terbaik di dunia.
10. Indonesia memang surga
sekaligus kisah nyata. Di tangan para pemangku kepentingan terletak tanggung
jawab merayakannya.
jelaskan bagaimana cara penulisan teks mengungkapkan tujuannya melalui teks opini/ editorial pada teks " menjual sembari menjaga nirwana".,setujukah kalian bahwa penulis teks tersebut ingin mengemukakan pendapatnya,isi editorial,ciri kebahasaan teks opini,contoh teks editorial,contoh opini hortatoris,pengertian teks editorial,struktur teks editorial,ciri ciri teks editorial,jelaskan hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah dalam penerapan otonomi daerah di indonesia.,gambang suling adalah salah satu lagu daerah jawa tengah yang diciptakan oleh,informasi argumentatif muncul pada struktur teks iklan bagian,teks eksplanasi kekeringan,teks editorial adalah,perwujudan kedaulatan hukum,apa yang disampaikan oleh penulis teks tentang mandiri pangan dan teknologi tepat guna,modifikasi produk kerajinan,arti justifikasi dalam iklan,gugel permainan,jenis sudut,musik iringan tari tradisional,pengertian tubuh iklan dan justifikasi,wujud partisipasi masyarakat dalam upaya penegakan ham,perwujudan rasa syukur atas kemerdekaan,jelaskan cara merancang kerajinan dengan bahan tekstil,properti dalam tari piring,daur hidup jangkrik yang benar,anyer panarukan,pengertian orientasi pada teks iklan,tujuan teks editorial,persamaan teks eksposisi dan teks eksplanasi,pada sebait pantun di atas apakah sudah memenuhi pengertian yang dimaksudkan harun mat piah,mengonversi teks iklan dalam bentuk yang lain,bunyi musik yang tenang dan lembut menggambarkan suasana,kaidah kebahasaan teks iklan,peta jaringan perdagangan kerajaan sriwijaya dan majapahit,kaidah pernyataan teks iklan,perumusan uud 1945,RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial
Untuk mendapatkan file RPP Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Opini/ Editorial secara utuh dalam format .doc silahkan download
0 comments:
Post a Comment